pengertian leukimia


Leukemia dalah salah satu peyakit kanser yang menyerang sel darah. Jadi leukemia adalah kanser sel darah. Banyak jenis kanser menyerang manusia pada usia tertentu, tetapi leukimia menyerang semua usia sejak bayi hingga orang tua. Kerana leukimia adalah sel kanser darah maka sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang sel  darah dan apa yang terjadi jika timbul leukemia.
Dalam aliran darah ada terdapat komponen darah yang terbentuk zat cair yang disebut plasma darah dan komponen darah yang terbentuk sel, yang terdiri dari 3 jenis sel yang mempunyai fungsi masing-masing, yaitu:

1.  Sel darah merah atau eritrosit yang berfungsi membawa karbon dioksida (CO2) dari seluruh tubuh ke paru-paru. Sel darah merah inilah yang memberi warna darah kerana jumlahnya yang paling besar.
2.   Sel darah putih atau lekosit yang bertugas melawan infeksi
3.   Sel keping darah atau trombosit yang menutup lubang jika terjadi kebocoran

 pembuluh darah dan bersama faktor pembekuan menghentikan perdarahan.
Ketiga jenis sel darah tersebut diproduksi dalam sum-sum tulang iaitu bahagian tengah tulang yang berbentuk seperti spons. Semua sel darah berasal dari satu sel induk yang disebut sel stem pluripoten. Sel darah yang masih muda (immature) disebut sel blast. Semua sel blast ini dalam keadaan normal berada dalam sum-sum tulang sampai berbentuk sel matang (mature). Sel-sel darah diproduksi secara teratur dan terkontrol sesuai kebutuhan tubuh. Misalnya, jika terjadi perdarahan (menstruasi dll) sum-sum tulang akan membuat sel darah merah lebih cepat/ lebih banyak untuk mempertahankan  kadar haemoglobin.

 Kadar-nilai normal sel-sel darah




Laki-laki

Wanita
Haemoglobin               
13-18 g/ dL
12-16 g/ dL
Leukosit
5-10 k/ ul
5-10 k/ ul
Trombosit
150-440 k/ ul
150 - 440 k/ ul



Sel Leukemia

Jika terjadi leukemia, sum-sum tulang memproduksi sel darah merah tertentu yang tidak normal dalam jumlah yang berlebihan. Sel leukemia dengan pewarna khusus dibawah mikroskop nampak berbeda dengan sel normal. Disamping bentuknya, sel leukemia juga berfungsi tidak seperti semestinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar